Select Page

8 Tips Fotografi yang Keren untuk Pemula

8 Tips Fotografi yang Keren untuk Pemula

Fotografi merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dan menarik, ada baiknya anda memulai untuk berlatih dari sekarang jika anda memang berminat dan hobi pada fotografi ini. Pada masa belum bermunculannya kamera digital modern seperti saat ini, fotografer masih menggunakan alat-alat maupun kamera klasik untuk mengambil gambar, dan pastinya menunggu waktu yang lama untuk menunggu hasil dari gambar yang telah diambilnya. Sangat berbeda dengan kondisi pada saat ini, bagi anda yang hobi dengan fotografi dan baru ingin memulai mendalaminya lebih jauh lagi, akan sangatlah mudah karena ada begitu banyak sumber dan media yang bisa anda manfaatkan. Berikut ini kami (foto.co.id) memiliki 8 tips bagi anda pemula dalam dunia fotografi dan ingin meningkatkan pengetahuan serta kemampuan anda mengenai fotografi.

Pelajari Semua Aturan-Aturan yang ada, Lalu anda dapat Menguasainya

Aturan-aturan dalam fotografi sangatlah penting, sebab hal tersebut menyediakan pengetahuan dasar sebagai modal anda untuk semakin handal lagi dalam menguasai tips fotografi kedepannya. Pada mulanya, pelajarilah aturan tersebut, sehingga anda memiliki kontrol kreatif lebih banyak lagi saat mempraktekkannya nanti.  Dalamilah segala aturan tersebut dan jangan lupa bawa serta juga kamera anda!

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Saat anda baru belajar memotret, bawa kamera anda kemana saja anda pergi dan potretlah hal-hal menarik yang anda temui

Konsentrasi dan Fokuslah Sebelum Anda Memotret Subjek

Sebuah hasil jepretan yang tidak tepat atau memiliki efek blur yang tidak diinginkan, mungkin tidak akan berguna menurut anda, namun tidak ada salahnya jika anda tetap menyimpannya. Dengan kesalahan tersebut, anda dapat belajar untuk lebih fokus lagi serta membidik subjek dengan lebih tepat, sebelum anda menyesuaikannya dalam tampilan. Kesalahan tersebut memang akan sering terjadi saat anda memotret dalam kondisi cahaya gelap dan terang pada sebuah tampilan secara bersamaan, namun anda dapat belajar dari situasi ini.

Berfokuslah Pada Bidikan Anda

Dalam fotografi, peran mata anda sangatlah penting. Mata merupakan poin alami utama yang dapat berhubungan langsung dengan subjek yang anda bidik. Saat anda mengambil sebuah gambar dalam pengaturan tertentu, pastikan anda membidik fokus dengan tepat pada mata anda. Saat mata dalam posisi fokus, bidiklah secermat mungkin subjek tersebut sehingga anda dapat mengambil gambarnya secara lebih tepat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Saat anda membidik subjek, sebaiknya mata anda harus lebih fokus, sehingga gambar yang ditangkap lebih tepat sasaran

Belajar dari Kesalahan yang Telah Anda Lakukan

Semakin banyak anda melakukan kesalahan saat berlatih dalam memotret, maka semakin cepat pula anda bisa belajar dan meningkatkan kemampuan/bakat fotografi anda. Semua fotografer professional berawal dari mereka yang tidak memiliki pemahaman apapun mengenai kamera. Pelajaran penting, yaitu saat anda berbuat kesalahan, belajarlah darinya untuk meningkatkan kemampuan anda agar lebih baik lagi. Cobalah sebuah teknik atau gaya pemotretan baru yang belum pernah anda lakukan sebelumnya dan tidak mengapa jika anda melakukan kesalahan sepanjang latihan tersebut, sebab anda akan dapat pelajaran lebih banyak lagi.

Dalami Teknik Eksposur/Pencahayaan Lebih Jauh Lagi

Untuk mendapatkan teknik pencahayaan yang tepat dalam fotografi, anda harus memahami tiga aspek keseimbangan di dalamnya yaitu: shutter speed, aperture dan pengaturan ISO. Anda dapat memulainya dengan memotret dalam modus Automatic atau pun Priority, tapi untuk mendapatkan kontrol penuh saat memotret dengan kontrol kamera manual, anda harus memahami hubungan antara ketiga aspek penting tersebut di atas (shutter speed, aperture dan pengaturan ISO), sebab ketiga hal tersebut sangat berdampak terhadap pengaturan dan kualitas dalam gambar.

Anda Harus Selalu Siap Kapan Saja Untuk Memotret

Selalu berada dalam posisi siaga, layaknya seorang prajurit, kurang lebih begitulah tugas seorang fotografer, kapan dan di manapun harus selalu siap untuk memotret sebuah gambar. Kebanyakan kamera DSLR saat ini memiliki kemampuan untuk memotret secara otomatis, hal ini menjadikan batre/daya kamera anda cepat habis dan terkuras. Pastikan anda mengatur kamera dalam modus semi-auto atau full automatic, saat anda ingin memotret gambar yang diinginkan dan anda tidak ingin kehilangan subjek tersebut karena daya batre kamera anda habis. Anda dapat selalu mengatur kamera pada modus sesuai yang diinginkan/anda sukai, serta anda dapat dengan mudah untuk menyesuaikan subjek mana yang akan dipilih selanjutnya. Terkadang, anda hanya memiliki sedikit waktu terbaik untuk mengabadikan gambar terbaik yang diinginkan, oleh sebab itu jangan anda sia-siakan waktu tersebut.

Beginners photograph tips
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+

Saat baru belajar memotret, pastikan anda selalu siap kapan saja untuk menangkap momen terbaik di sekitar anda

Potretlah Subjek yang Menjadi Favorit Anda

Berfokus pada subjek yang anda cintai untuk di foto merupakan salah satu hal yang akan membuat anda semakin nyaman dalam menekuni hobi anda ini. Jika anda senang dengan alam, orang-orang atau binatang atau pun subjek lainnya, mulailah untuk belajar dengan memotret subjek-subjek tersebut. Hal ini akan menjadikan anda semakin tertarik dengan fotografi dan memungkinkan anda untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam proses belajar tanpa bersusah payah.

Hindarkan Kamera dari Goncangan

Goncangan pada kamera dapat mengakibatkan efek yang buruk pula pada gambar. Tingkatkan pengaturan ISO pada kamera anda dan pengaturan aperture untuk kinerja shutter speed yang lebih cepat, hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya efek blur dalam gambar secara berlebihan. Tapi, hal ini tidak selamanya dapat anda lakukan sebagai pilihan saat anda ingin mencoba untuk mempertahankan kualitas terbaik lainnya dalam gambar, anda juga dapat melakukan hal lain untuk mengurangi goncangan pada kamera, cara yang paling mudah yaitu anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana untuk memegang kamera dengan cara yang tepat.

Demikian artikel kami kali ini, khusus bagi anda yang baru ingin mendalami ilmu fotografi dan ingin mengetahui trik-trik utama yang menjadi kuncinya…. Semoga uraian diatas dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk klik disini jika anda masih ingin tau lebih banyak lagi tentang info dan tips seputar fotografi lainnya!! Sampai jumpa dan salam fotografi 🙂 🙂

Artikel Terkait

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Video Terbaru

Loading...

Instagram

lensa terbaik untuk foto landscape

Ikuti Foto.co.id!

Bergabunglah di komunitas fotografi kami, dan belajar fotografi bersama kami!

Terima kasih, silahkan cek inbox anda dan konfirmasi untuk bergabung.

Share This